Minggu, 14 April 2013

Merancang Pameran Pertanian



Salah satu strategi dunia usaha dalam mengenalkan hasil produksi atau meraih peluang pasar dengan  cara promosi yang dikemas dalam bentuk pameran. Dan tentunya ini juga memungkinkan untuk dilakukan pada usahatani yang dikelola oleh  petani. Selain promosi hasil produksi pertanian melalui pameran, juga dapat dilakukan promosi  yang  terkait dengan pengenalan penerapan teknologi dibidang  pertanian.  Artinya dunia usaha dibidang pertanian juga memungkinkan untuk dikemas dalam bentuk promosi dalam kegiatan pameran.

Pameran merupakan kegiatan penyajian hasil karya seni yang dikomunikasikan pada pengunjung pameran. Dengan adanya pameran diharapkan dapat menjadi media sarana pertemuan antara konsumen dan produsen. Artinya lembaga lembaga yang menangani dan bertanggung jawab dalam pendampingan keberhasilan petani dapat melakukan pameran disetiap waktu tanpa harus mengandalkan pameran dalam event besar. Pameran hasil produksi pertanian dapat dilakukan mulai dari tingkat kelompoktani, Gapoktan, BPPK, BP4K dan seterusnya.

Pameran hasil produksi pertanian dapat  disajikan sesuai tujuan yang akan dicapai
1). Pameran penjualan, pameran yang bertujuan untuk memasarkan hasil produksi pertanian kepada konsumen, meningkatkan penjualan hasil produksi dan memperluas peluang pasar. ex :Bazar, Stand Toko / Produk
2). Pameran apresiasi, pameran yang bertujuan untuk membentuk apresiasi dari pengunjung terhadap suatu karya yang sudah dilakukan untuk kepentingan pendukungan teknologi dibidang pendidikan/informasi. ex : Stand Dinas, Stand Lembaga Sosial

Kedua  tujuan dari pameran dapat dikatakan berhasil bila minat pengunjung pada stand pameran membeludak dengan katagori indikasi : 
1) pameran penjualan terindikasi dari jumlah penjualan hasil produksi pertanian yang meningkat, 
2 ) pameran apresiasi dapat dilihat dari jumlah pengunjung yang banyak.

Keberhasilan pelaksanaan pameran harus mendapatkan dukungan perancangan pameran. Banyak faktor yang sangat menentukan kesuksesan pameran mulai dari lokasi, dekorasi, penataan materi pameran, daya tarik konsumen yang dikemas dalam bentuk hadiah dan pengaturan lalu lintas pengunjung. Dari sekian faktor penentu keberhasilan pameran, yang menjadi tanggung jawab Penyuluh Pertanian dalam kegiatan pameran adalah menyiapkan rancangan materi pameran dan perancangan pengaturan lalu lintas bagi pengunjung pameran.

    Slamat Berkarya, Kawaann !!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar