Salah
satu strategi dunia usaha dalam mengenalkan hasil produksi atau meraih peluang
pasar dengan cara promosi yang dikemas
dalam bentuk pameran. Dan tentunya ini juga memungkinkan untuk dilakukan pada
usahatani yang dikelola oleh petani. Selain
promosi hasil produksi pertanian melalui pameran, juga dapat dilakukan promosi yang terkait dengan pengenalan penerapan teknologi dibidang
pertanian. Artinya dunia usaha dibidang pertanian juga
memungkinkan untuk dikemas dalam bentuk promosi dalam kegiatan pameran.
Pameran merupakan
kegiatan penyajian hasil karya seni yang dikomunikasikan pada pengunjung
pameran. Dengan adanya pameran diharapkan dapat menjadi media sarana pertemuan
antara konsumen dan produsen. Artinya lembaga lembaga yang menangani dan
bertanggung jawab dalam pendampingan keberhasilan petani dapat melakukan
pameran disetiap waktu tanpa harus mengandalkan pameran dalam event besar. Pameran
hasil produksi pertanian dapat dilakukan mulai dari tingkat kelompoktani,
Gapoktan, BPPK, BP4K dan seterusnya.
Pameran hasil produksi pertanian dapat disajikan sesuai tujuan yang akan dicapai
1). Pameran penjualan, pameran yang
bertujuan untuk memasarkan hasil produksi
pertanian kepada konsumen, meningkatkan penjualan hasil produksi dan memperluas
peluang pasar. ex :Bazar, Stand Toko / Produk
2). Pameran apresiasi,
pameran yang bertujuan untuk membentuk apresiasi dari pengunjung terhadap suatu
karya yang sudah dilakukan untuk kepentingan pendukungan teknologi dibidang pendidikan/informasi. ex : Stand Dinas, Stand Lembaga Sosial
Kedua tujuan dari pameran dapat dikatakan berhasil
bila minat pengunjung pada stand pameran membeludak dengan katagori indikasi :
1)
pameran penjualan terindikasi dari jumlah penjualan hasil produksi pertanian
yang meningkat,
2 ) pameran apresiasi dapat dilihat dari jumlah pengunjung yang
banyak.
Keberhasilan
pelaksanaan pameran harus mendapatkan dukungan perancangan pameran. Banyak
faktor yang sangat menentukan kesuksesan pameran mulai dari lokasi, dekorasi,
penataan materi pameran, daya tarik konsumen yang dikemas dalam bentuk hadiah
dan pengaturan lalu lintas pengunjung. Dari sekian faktor penentu keberhasilan
pameran, yang menjadi tanggung jawab
Penyuluh Pertanian dalam kegiatan pameran adalah menyiapkan rancangan materi
pameran dan perancangan pengaturan lalu lintas bagi pengunjung pameran.
Slamat Berkarya, Kawaann !!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar